Terapi, Pengobatan, dan Perubahan Gaya Hidup Yang Dapat Mengobati Depresi - kreatifmu.com -->

Terapi, Pengobatan, dan Perubahan Gaya Hidup Yang Dapat Mengobati Depresi

Terapi, Pengobatan, dan Perubahan Gaya Hidup Yang Dapat Mengobati Depresi

Terapi, Pengobatan, dan Perubahan Gaya Hidup Yang Dapat Mengobati Depresi
Terapi, Pengobatan, dan Perubahan Gaya Hidup Yang Dapat Mengobati Depresi


Saat Anda mengalami depresi, rasanya Anda tidak akan pernah bisa keluar dari bawah bayang-bayang gelap. Namun, bahkan depresi yang paling parah dapat disembuhkan. Jadi, jika depresi Anda menghalangi Anda menjalani kehidupan yang Anda inginkan, jangan ragu untuk mencari bantuan. Mempelajari opsi perawatan depresi Anda akan membantu Anda memutuskan pendekatan mana yang tepat untuk Anda. Dari terapi ke pengobatan hingga perubahan gaya hidup sehat, ada banyak perawatan efektif yang dapat membantu Anda mengatasi depresi, merasa bahagia dan penuh harapan lagi, dan merebut kembali hidup Anda.

Apa saja pilihan perawatan depresi saya?


Sama seperti tidak ada dua orang yang terpengaruh dengan cara yang sama persis dengan depresi, tidak ada perawatan "satu ukuran untuk semua" yang menyembuhkan depresi. Apa yang berhasil untuk satu orang mungkin tidak bekerja untuk orang lain. Cara terbaik untuk mengobati depresi adalah dengan mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang opsi perawatan, dan kemudian menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan Anda.

Tips perawatan depresi


Pelajari sebanyak mungkin tentang depresi Anda. Penting untuk menentukan apakah gejala depresi Anda disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya. Jika demikian, kondisi itu perlu dirawat terlebih dahulu. Tingkat keparahan depresi Anda juga merupakan faktor. Semakin parah depresi, semakin intensif perawatan yang Anda butuhkan.

Butuh waktu untuk menemukan perawatan yang tepat. Mungkin perlu beberapa percobaan dan kesalahan untuk menemukan perawatan dan dukungan yang paling cocok untuk Anda. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk melanjutkan terapi, mungkin perlu beberapa upaya untuk menemukan terapis yang benar-benar cocok dengan Anda. Atau Anda dapat mencoba antidepresan, hanya untuk mengetahui bahwa Anda tidak membutuhkannya jika Anda berjalan kaki setengah jam setiap hari. Terbuka untuk berubah dan sedikit bereksperimen.

Jangan bergantung pada obat saja. Meskipun obat dapat meredakan gejala depresi, obat ini biasanya tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang. Perawatan lain, termasuk olahraga dan terapi, bisa sama efektifnya dengan obat-obatan, seringkali bahkan lebih, tetapi tidak datang dengan efek samping yang tidak diinginkan. Jika Anda memutuskan untuk mencoba pengobatan, ingatlah bahwa pengobatan bekerja paling baik ketika Anda melakukan perubahan gaya hidup sehat juga.

Dapatkan dukungan sosial. Semakin Anda memupuk koneksi sosial Anda, semakin Anda terlindungi dari depresi. Jika Anda merasa mandek, jangan ragu untuk berbicara dengan anggota keluarga atau teman tepercaya, atau mencari koneksi baru di kelompok pendukung depresi, misalnya. Meminta bantuan bukanlah tanda kelemahan dan itu tidak berarti Anda membebani orang lain. Seringkali, tindakan sederhana berbicara dengan seseorang secara langsung bisa sangat membantu.

Perawatan membutuhkan waktu dan komitmen. Semua perawatan depresi ini membutuhkan waktu, dan kadang-kadang mungkin terasa luar biasa atau sangat lambat. Itu normal. Pemulihan biasanya mengalami pasang surut.
Perubahan gaya hidup: Bagian penting dari perawatan depresi

Perubahan gaya hidup adalah alat yang sederhana namun kuat dalam pengobatan depresi. Terkadang mereka mungkin yang Anda butuhkan. Bahkan jika Anda membutuhkan perawatan lain juga, membuat perubahan gaya hidup yang tepat dapat membantu mengangkat depresi lebih cepat — dan mencegahnya kembali.
Perubahan gaya hidup untuk mengobati depresi

Olahraga. Olahraga teratur dapat sama efektifnya dalam mengobati depresi dengan pengobatan. Olahraga tidak hanya meningkatkan serotonin, endorfin, dan bahan kimia otak lain yang terasa baik, tetapi juga memicu pertumbuhan sel dan koneksi otak baru, seperti halnya antidepresan. Yang terbaik dari semuanya, Anda tidak perlu berlatih maraton untuk mendapatkan manfaatnya. Bahkan berjalan kaki setengah jam setiap hari dapat membuat perbedaan besar. Untuk hasil maksimal, bidik aktivitas aerobik selama 30 hingga 60 menit setiap hari.

Dukungan sosial. Jejaring sosial yang kuat mengurangi isolasi, faktor risiko utama untuk depresi. Tetap berhubungan teratur dengan teman dan keluarga, atau pertimbangkan untuk bergabung dengan kelas atau kelompok. Kesukarelawanan adalah cara yang luar biasa untuk mendapatkan dukungan sosial dan membantu orang lain sambil juga membantu diri sendiri.

Nutrisi. Makan dengan baik penting untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Makan makanan kecil dan seimbang sepanjang hari akan membantu Anda menjaga energi dan meminimalkan perubahan suasana hati. Meskipun Anda mungkin tertarik pada makanan manis karena dorongan cepat yang mereka berikan, karbohidrat kompleks adalah pilihan yang lebih baik. Mereka akan membuat Anda pergi tanpa kehancuran gula yang terlalu cepat.

Tidur. Tidur memiliki efek kuat pada suasana hati. Ketika Anda tidak cukup tidur, gejala depresi Anda akan lebih buruk. Kurang tidur memperburuk iritabilitas, kemurungan, kesedihan, dan kelelahan. Pastikan Anda cukup tidur setiap malam. Sangat sedikit orang yang berhasil kurang dari tujuh jam semalam. Bertujuan untuk suatu tempat antara tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

Pengurangan stres. Buat perubahan dalam hidup Anda untuk membantu mengelola dan mengurangi stres. Terlalu banyak stres memperburuk depresi dan menempatkan Anda pada risiko depresi di masa depan. Ambil aspek kehidupan Anda yang membuat Anda stres, seperti pekerjaan yang berlebihan atau hubungan yang tidak mendukung, dan temukan cara untuk meminimalkan dampaknya.

Psikoterapi untuk perawatan depresi


Jika tidak ada penyebab medis yang mendasari gejala depresi Anda, terapi bicara dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif. Apa yang Anda pelajari dalam terapi memberi Anda keterampilan dan wawasan untuk merasa lebih baik dan membantu mencegah depresi datang kembali.

Ada banyak jenis terapi yang tersedia. Tiga metode yang lebih umum digunakan dalam pengobatan depresi termasuk terapi perilaku kognitif, terapi interpersonal, dan terapi psikodinamik. Seringkali, pendekatan campuran digunakan.

Beberapa jenis terapi mengajarkan Anda teknik praktis tentang cara membingkai ulang pemikiran negatif dan menggunakan keterampilan perilaku dalam memerangi depresi. Terapi juga dapat membantu Anda mengatasi akar depresi Anda, membantu Anda memahami mengapa Anda merasakan hal tertentu, apa yang menjadi pemicu Anda untuk depresi, dan apa yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat.

Terapi dan "gambaran besar" dalam pengobatan depresi


Salah satu keunggulan depresi adalah perasaan kewalahan dan sulit fokus. Terapi membantu Anda mundur dan melihat apa yang mungkin berkontribusi pada depresi Anda dan bagaimana Anda dapat membuat perubahan. Berikut adalah beberapa tema "gambaran besar" yang dapat membantu terapi:

Hubungan. Memahami pola hubungan Anda, membangun hubungan yang lebih baik, dan meningkatkan hubungan saat ini akan membantu mengurangi isolasi dan membangun dukungan sosial, penting dalam mencegah depresi.

Menetapkan batasan yang sehat. Jika Anda stres dan kewalahan, dan merasa seperti Anda tidak bisa mengatakan tidak, Anda lebih berisiko mengalami depresi. Menetapkan batas-batas yang sehat dalam hubungan dan di tempat kerja dapat membantu menghilangkan stres, dan terapi dapat membantu Anda mengidentifikasi dan memvalidasi batas-batas yang tepat untuk Anda.

Menangani masalah kehidupan. Berbicara dengan terapis tepercaya dapat memberikan umpan balik yang baik tentang cara-cara yang lebih positif untuk menangani tantangan dan masalah kehidupan.
Terapi individu atau kelompok untuk pengobatan depresi?

Ketika Anda mendengar kata "terapi", Anda mungkin secara otomatis memikirkan sesi tatap muka dengan seorang terapis. Namun, terapi kelompok bisa sangat berguna dalam pengobatan depresi juga. Sesi terapi kelompok dan individu biasanya berlangsung sekitar satu jam. Apa manfaatnya masing-masing? Dalam terapi individu, Anda membangun hubungan yang kuat dengan satu orang, dan mungkin merasa lebih nyaman berbagi informasi sensitif dengan satu orang daripada dengan kelompok. Anda juga mendapatkan perhatian khusus.

Dalam terapi kelompok, mendengarkan teman sebaya melalui perjuangan yang sama dapat memvalidasi pengalaman Anda dan membantu membangun harga diri. Seringkali anggota kelompok berada pada titik yang berbeda dalam depresi mereka, sehingga Anda mungkin mendapatkan kiat dari seseorang di parit dan seseorang yang telah mengatasi masalah yang menantang. Selain menawarkan inspirasi dan ide, menghadiri terapi kelompok juga dapat membantu meningkatkan aktivitas dan jaringan sosial Anda.

Menemukan terapis


Salah satu hal terpenting yang harus dipertimbangkan ketika memilih seorang terapis adalah hubungan Anda dengan orang ini. Terapis yang tepat akan menjadi mitra yang peduli dan mendukung dalam perawatan dan pemulihan depresi Anda.

Ada banyak cara untuk menemukan terapis:


Dari mulut ke mulut adalah salah satu cara terbaik untuk menemukan terapis yang baik. Teman dan keluarga Anda mungkin memiliki beberapa ide, atau dokter perawatan primer Anda mungkin dapat memberikan rujukan awal.
Organisasi kesehatan mental nasional juga dapat membantu dengan daftar rujukan penyedia terpercaya yang berlisensi.
Jika biaya adalah masalah, periksa pusat senior lokal, organisasi keagamaan, dan klinik kesehatan mental masyarakat. Tempat-tempat seperti itu sering menawarkan terapi pada skala geser untuk pembayaran.

Perawatan obat untuk depresi


Obat depresi mungkin merupakan pengobatan yang paling banyak diiklankan untuk depresi, tetapi itu tidak berarti itu adalah yang paling efektif. Depresi bukan hanya tentang ketidakseimbangan kimiawi di otak. Obat dapat membantu meringankan beberapa gejala depresi sedang dan berat, tetapi itu tidak menyembuhkan masalah yang mendasarinya, dan itu biasanya bukan solusi jangka panjang. Obat antidepresan juga datang dengan efek samping dan masalah keamanan, dan penarikan bisa sangat sulit. Jika Anda mempertimbangkan apakah obat antidepresan tepat untuk Anda, mempelajari semua fakta dapat membantu Anda membuat keputusan.

Jika Anda minum obat untuk depresi, jangan abaikan perawatan lain. Perubahan gaya hidup dan terapi tidak hanya membantu mempercepat pemulihan dari depresi, tetapi juga memberikan keterampilan untuk membantu mencegah kekambuhan.

Perawatan alternatif dan komplementer untuk depresi


Perawatan alternatif dan komplementer untuk depresi dapat mencakup suplemen vitamin dan herbal, akupunktur, dan teknik relaksasi, seperti meditasi mindfulness, yoga, atau tai chi.
Vitamin dan suplemen untuk perawatan depresi

Juri masih mengetahui seberapa baik obat herbal, vitamin, atau suplemen bekerja dalam mengobati depresi. Sementara banyak suplemen tersedia secara luas di pasaran, dalam banyak kasus kemanjurannya belum terbukti secara ilmiah. Jika gejala depresi Anda sebagian karena kekurangan gizi, Anda mungkin mendapat manfaat dari suplemen vitamin, tetapi ini harus atas saran profesional kesehatan Anda.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba suplemen alami dan herbal, ingatlah bahwa mereka dapat memiliki efek samping dan interaksi obat atau makanan. Misalnya, St. John's Wort — ramuan yang menjanjikan yang digunakan untuk pengobatan depresi ringan hingga sedang — dapat mengganggu obat-obatan resep seperti pengencer darah, pil KB, dan resep antidepresan. Pastikan dokter atau terapis Anda tahu apa yang Anda pakai.

0 Response to "Terapi, Pengobatan, dan Perubahan Gaya Hidup Yang Dapat Mengobati Depresi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel